Senin, 14 April 2008

Wesi Kuning





Wesi kuning atau Besi Kuning adalah suatu benda yang terbuat dari beberapa unsur sebagai pembentuknya. Dalam masyarakat Jawa, wesi kuning memiliki popularitas yang cukup baik. Bahan untuk membuat wesi kuning adalah emas, perak, perunggu, kuningan, tambaga, meteor, dan mangaan. Ketujuh unsur ini dijadikan satu dalam tempat peleburan, kemudian sang empu membuat cetakan-cetakan kecil untuk membuat benda tertentu.
Dari ketujuh unsur yang menjadi bahan utama tersebut, jumlah atau kadar masing-masing unsur menjadi rahasia bagi sang empu untuk mengantisipasi adanya tiruan dari empu lainnya. Pada umumnya bentuk dari wesi kuning yang ada, adalah berbentuk kacil, mudah dibawa, berwarna kuning keemasan. Bentuk umum yang sering dijumpai adalah berbentuk jarum, gada dengan ukuran mini ( 2-4 cm ), lempengan kecil sebagai gantungan kalung. Pada umumnya manfaat dari wesi kuning adalah untuk kekebalan baik pukulan maupun senjata tajam. Jika berbentuk jarum, biasanya wesi kuning tersebut berada di dalam kepompong ulat. Biasanya pengujian keaslian adalah dilihat dari kemampuan yang dimiliki wesi kuning.

Pengujian tersebut adalah dengan menaruh wesi kuning pada pohon pisang, kemudian pohon tersebut dibacok atau ditembak dengan senapan angin dengan jarak yang sangat dekat.


Sumber : “Benda-Benda Bertuah Masyarakat Jawa” karangan Anan Hajid Triyogo, Penerbit Narasi Yogyakarta 2005

1 komentar:

wesi kuning mengatakan...

saya pny pusaka wesi kuning,isnya ALLAH anti bacok dan anti tembak,sy maharkan untuk pembangunan masjid jika berminat call 085740132407 ( ardi )