Senin, 14 April 2008

Kul Buntet

Gambar Kul Buntet Air Laut dan Kul Buntet Air Tawar

Kul buntet adalah jenis fosil yang berasal dari siput. Siput yang biasanya menjadi fosil adalah siput air tawar dan siput air laut. Kedua jenis siput ini jika membatu maka disebut sebagai Kul buntet. Biasanya bentuknya adalah sama dengan siput, hanya saja telah membatu dan lubang bagi bawah tertutup.

Proses terjadinya kul buntet adalah keong atau siput terpendam dalam tanah kemudian ada sejenis mineral tertentu yang membungkus atau melekat pada cangkang keong. Dari mineral ini, maka keong akan menjadi batu dan disebut sebagai kul buntet. Pada masyarakat Jawa, yang disebut-sebut sebagai kul buntet adalah siput yang berasal dari air tawar. Kemampuan dari kul buntet biasanya dapat digunakan sebagai jimat anti tembak ( anti senapan api ). Kemampuan tersebut hanya ada pada siput darat yang memang memiliki kekuatan gaib di dalamnya. Tidak semua fosil siput memiliki kekuatan gaib.

Pada siput air laut biasanya berbentuk bulat, tipis ( gepeng ) dan pada bagian bawah terdapat garis berupa lingkaran besar kemudian mengecil dengan garis putaran adalah satu garis. Siput air laut biasanya dianggap tidak memiliki kekuatan gaib sama sekali karena memang keberadaan kekuatannya adalah kecil. Pada masyarakat Jawa, maka yang disebut sebagai kul buntet adalah fosil siput yang memiliki gaib berupa kekebalan, jika terdapat siput yang tidak memiliki kekuatan tersebut, maka ia disebut sebagai benda palsu.

Hal ini tentu menentang dengan keberadaan fisik dari kul buntet jika dilakukan pengujian. Misalkan pada saat sebelum pengujian kul buntet memang memiliki kekuatan kekebalan, sedangkan saat dilakukan pengujian, isi dari kul buntet dipindahkan dan mengakibatkan kekebalannya hilang, maka ia disebut sebagai benda palsu. Hal ini sering terjadi pada saat terjadi perjual belian.



Sumber : “Benda-Benda Bertuah Masyarakat Jawa” karangan Anan Hajid Triyogo, Penerbit Narasi Yogyakarta 2005

1 komentar:

Unknown mengatakan...

HWADOOOH,,,,,kalo tahu manfaatnya gitu mah,,,padahal di pesisir itu semua hanya sampah,,,,namanya tutup siput mata lembu,,,,