Senin, 14 April 2008

Makna Kekuatan Ghaib

Makna Benda Bertuah
Benda bertuah. Tuah artinya makna atau arti, namun bisa juga diartikan sebagai manfaat. Hal ini menjadikan manfaat apabila mempunyai kekuatan fisik dan ghaib yang dapat diperoleh dari benda tersebut. Daya ghaib benda bertuah mempunyai arti benda bertuah akan menimbulkan reaksi atau akan menunjukkan kemampuannya secara alami atau secara wajar. Daya setiap benda mempunyai besar dan ukuran kekuatan fisik dan ghaibnya yang beragam dan bervariasi.

Daya dapat berupa kekuatan yang ada secara alami, buatan dan terisi. Secara alami benda bertuah memiliki kekuatan tersendiri yang tidak bisa disamai oleh benda isian (buatan)ataupun benda terisi. Tetapi ada kalanya jin yang berada dalam benda akan menutupi kekuatan alaminya hingga terkesan bahwa benda tersebut memiliki kekuatan yang sangat besar.

Kekuatan alami suatu benda bertuah selalu bersifat pasif. Disini berarti bahwa benda tidak bereaksi manakala tidak dikenakan atau dilewati oleh kekuatan alami atau buatan lainnya. Seperti halnya pagar rumah dibuat pasif untuk menahan serangan dari kekuatan jahat yang hendak masuk kedalam rumah. Jika tidak ada kekuatan yang akan masuk, maka kekuatan alaminya akan tetap seperti apa adanya (diam).

Kekuatan benda terisi (ditempati makhluk halus) mempunyai sifat yang aktif bisa kasar dan bisa halus. Kekuatan ini biasa terdapat pada pohon yang masih hidup atau batu besar yang kokoh. Tempat pun juga bisa dikatakan bertuah. Jika ada kekuatan jin yang menguasai tempat tersebut, maka tempat tersebut akan sulit dijamah dan disinggahi oleh orang awam. Kekuatan ghaib yang berada pada tempat, pohon, atau batu dan sejenisnya mempunyai sifat yang kasar dan aktif.

Kekuatan ghaib buatan adalah kekuatan yang diberikan melalui do’a atau rajah. Bisa juga dalam mengisi benda dengan dilakukan berpuasa atau bersemedi hingga mencapai titik puncak kekuatan yang dimiliki oleh orang yang mengisi. Hal ini (pengisian) biasa dilakukan pada benda pusaka berasal dari logam, batu, kain, atau kulit hewan.

Benda bertuah menjadi benda yang dianggap berperan bagi seorang yang membawanya. Sebenarnya bila disebut sebagai benda ghaib, maka sebutan ghaib tersebut kurang tepat. Karena hal-hal yang ghaib adalah hal yang belum terlihat dan belum tampak di mata. Tetapi benda tersebut seharusnya disebut sebagai benda bertuah atau benda pusaka.
Hingga saat ini kemampuan teknologi belum mampu menciptakan alat untuk mendeteksi kekuatan ghaib yang berada dalam benda pusaka. Benda pusaka menjadi sebuah barang yang dicari dan diperjual belikan. Jual beli dalam dunia spiritual biasa disebut dengan mahar atau mas kawin.

Ghaib adalah sesuatu yang menjadi tabu, apabila diceritakan kepada orang awam yang belum mengenal sama sekali tentang ghaib. Kekuatan benda bertuah sering menjadikan sebuah kesombongan yang mengantarkan kepada sifat dasar dari orang yang membawanya menjadi bersifat emosional. Pengaruh dari benda bisa menjadikan sifat emosional tumbuh dan berkembang manakala kekuatan yang berada dalam benda tersebut mempunyai sifat panas dan jahat.


Sumber : “Magis dan Kekuatan Ghaib” karangan Anan Hajid Triyogo, Penerbit Narasi Yogyakarta 2005

Tidak ada komentar: